Pengalaman Masuk Jurusan Teknik Komputer Jaringan " TKJ "

Assalamu'alaikum..
Mau cerita pengalaman dulu nih :v
Ini merupakan cerita tentang pengalaman saya selama masuk jurusan TKJ di SMKN 1 rengasdengklok. Ini benar-benar pengalaman saya :v 
Mungkin artikel ini akan membantu teman semua dalam menentukan kemanakah saya melanjutkan sekolah setelah smp, SMA atau SMK??
Sebenarnya jika kita ingin menentukaan kemana kita akan melanjutkan sekolah, itu semua tergantung kepada minat yang datang dari dirinya sendiri. Gak mungkin kan kita suka Automotive dan gak pernah megang komputer tapi disuruh masuk TKJ dan kita iya iya aja. Pasti kita bakal milih apa yang kita suka. Dan hal yang kita suka pasti lebih mudah untuk mempelajari dan memahaminya. 
Oke balik ke Topik. :v

Saya sekarang duduk dikelas XI (sebelas) Jurusan TKJ, SMKN 1 Rengasdengklok. Saya merupakan murid yang mulai masuk ajaran tahun 2013/2014. 
Awal saya ingin masuk TKJ, berawal dari kesukaan saya terhadap komputer sejak kelas 6 SD, dimulai dari main game online FPS yang kita kenal Sebagai PB. :v 

Saya mengetahui Jurusan TKJ saat menginjak kelas 9, karena saya harus menentukan kemana saya melanjutkan sekolah selanjutnya. Saya mulai - mulai mencari Informasi tentang SMA sederajat dan jurusannya. Lalu saya mendengar bahwa di SMK terdapat jurusan yang berkaitan dengan Komputer, yaitu TKJ. TKJ merupakan Singkatan dari Teknik Komputer Jaringan, yang sudah pasti membahas komputer dan Jaringannya. ya iyalah :v 

Karena saya memang suka komputer jadilah saya memilih jurusan tersebut, saat kelas 9 saya mulai browsing ke "Mbah google" :v "apa itu TKJ?", "apa itu SMK". Nah mulai dari situ saya jadi tau bagaimana TKJ dan SMK itu. 

Sebenarnya di SMK itu terdapat 2 jurusan yang berkaitan dengan Komputer yang pertama itu tadi, TKJ dan yang kedua itu RPL. 
Untuk tentang Jurusan RPL, baca disini. :v

Oke, lanjut lagi :v
Langsung saja ke dimana saya duduk dikelas X (sepuluh). Selama kelas X awal saya yang saya pelajari adalah tentang bongkar pasang CPU komputer. Tapi dengan mengetahui segala bwnda yang terdapat didalam CPU tersebut. Seperti: Harddisk, Processor, RAM, VGA, dll. 
Selain itu pada awal saya masuk TKJ saya juga belajar tentang apa itu Hardware, Software, dan Brainware? Hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), Brainware? Cari tau sendiri :p

Selama kelas X saya juga belajar bagaimana menginstall Sistem Operasi Windows XP, dan saya dibetahu juga bahwa Sistem Operasi bukan Hanya Windows, tapi ada Linux, MacOS (Apple), dll.. 
Saat semester 2 pembelajaran mulai masuk ke Jaringan komputer, apa itu Jaringan? Jaringan LAN itu apa? Apa apa apa? :v 
Semuanya akan dipelajari di TKJ nantinya. 
Saat semester 2 ini saya mempelajari cara membuat kabel UTP, kabel UTP ini adalah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan satu perangkat jaringan dan perangkat jaringan lainnya. Contohnya: Komputer ke Hub, komputer ke komputer, Hub ke Access Point, dll. 

Masuk ke kelas XI (sebelas), selama semester 3 tidak banyak mempelajari tentang jurusan TKJ, dikarenakan kami Mulai PKL, PKL itu magang Vroh :v 
Lanjut aja ke semester 4, di semester 4 ini saya mempelajari tentang cara menginstal Sistem Operasi Debian, tepatnya yanga saya install adalah debian 5,3. Dan sekitar sebulan lalu saya diberi tugas untuk membuat Antena, dikelas kami dibagi 4 kelompok dengan 4 antena yang berbeda. Antena Omni, Yagi, Directional dan Sectoral. 
Kelompok saya mendapatkan pembuatan Antena Sectoral.
Dan alhamdulillah sekarang tugas tersebut hampir selesai.  Hasil antena yang kami buat >> Antena Sektoral <<

Oh iya, selama kelas X dan XI saya juga mempelajari tentang Gerbang logika. Serta juga mempelajari Pemrograman Dasar pada PC. 

Gak kerasa udah hampir sejam Saya ngetik, pegel :v
Mungkin segitu saja yang pengalaman yang saya bagikan sekarang, karena memang baru segitu pengalamannya dan saya harus siap-siap sekolah sekarang, karena sudah hampi jam  6. :v
Saya akan Update terus tentang pembelajaran Jurusan TKJ yang saya pelajari, sekian dari saya. 

Sebagai pengunjung yang baik, Tinggalkan komentarnya dan like fanspagenya ya :v 

Thank's.. Wassalamu'alaikumm..

Komentar