Pemilik blog di dunia maya baik itu
web pribadi ataupun situs yang bersifat komersial umunya sudah
mengetahui dan memahami istila-istilah atau pengertian jenis iklan
online, namun bagi sobat yang masih baru ataupun belum mengetetahui
semuanya mungkin ini akan membantu.
Memahami pengertian iklan ini dimaksudkan untuk mempermudah bagi calon publisher khususnya blogger
memilih model iklan apa yang cocok dipasang pada blog atau websitenya
masing-masing. Pengertian jenis iklan berikut ini yang sudah umum
digunakan, saya tidak menjelaskan semua istilah yang ada.
PPC (Pay Per Click)
Adalah sebuah bentuk iklan yang dipasang oleh publisher atau pemilik
blog berupa banner atau text dan akan dibayar berupa jumlah klik yang
datang dari pengunjung unik. Jumlah pendapatkan setiap klik biasanya
berdasarkan asal pengunjung.
CPC (Cost per Click)
Merupakan perhitungan / perkiraan harga iklan online pada sebuah website
atau blog dibayarkan berdasarkan jumlah klik yang diterima dari
pengunjung baik direct traffic ataupun traffic dari serach engine
seperti google.
CPM (Cost per Mille)
Dalam bahasa latin mille yang berarti 1000, maka diartikan situs CPM
akan membayar pengiklan dalam hitungan per 1000 kunjungan/view.
Istimewanya iklan jenis ini pengunjunga tidak perlu melakukan klik pada
iklan pada blog, namun berhati-hatilah jika menggunakan model iklan ini.
Banyak kasus terjadi script iklan membuat redirect ke situs lain.
Artinye pengunjung akan diarahkan otomatis ke situs pengiklan dari blog
yang terpasang iklannya.
CPL (Cost per Leaad)
Yaitu iklan yang membayar dihitung dari jumlah pengunjung melakukan
Pendaftaran (Sign-Up / Regestrasi). Pendaftaran biasanya hanya berupa
mereka yang telah mencantumkan Nama, Email, Alamat, kontak, dsb.
CPA (Cost Per Action)
Adalah jenis iklan yang membayar publishernya jika terjadi
tindakan/penjualan yang dilakukan pengunjung melalui iklan yang
ditampilkan di blog. Misalnya pengunjung melakukan pembelian produk.
Sangat berbeda dengan PPC yang hanya butuh klik saja sudah mendapatkan
bayaran.
Pop-Up & Pop-Under
Jenis iklan pada dasarnya memiliki hasil akhir yang sama tapi memiliki
aksi yang berbeda. Secara umum artinya adalah sebuah iklan yang akan
tampil ketika pengunjung datang. Secara detail Pop-Up diartikan iklan yang muncul tiba-tiba ketika visitor datang tanpa melakukan apapun, berbeda dengan Pup-Under Iklan
hanya akan muncul jika pengguna melakukan klik pada halaman blog, baik
itu klik url ataupun hanya sekedar klik halaman kosong.
Iklan jenis Pop ini sangat disukai para publisher selain dari PPC, karena penghasilan bisa mendapatkan lebih, namun harus diingat jangan terlalu berlebihan menggunakan iklan ini karena bisa berakibat buruk pada pengujunjung blog.
Iklan jenis Pop ini sangat disukai para publisher selain dari PPC, karena penghasilan bisa mendapatkan lebih, namun harus diingat jangan terlalu berlebihan menggunakan iklan ini karena bisa berakibat buruk pada pengujunjung blog.
Sekian dulu sedikit penjelasn tentang arti dari Jenis Iklan PPC CPC CPM CPL CPA POP ADS. Semoga bisa membantu sobat menentukan iklan apa ayng tepat dipasang di blog. Terima kasih
sumber: http://www.putrakomputer.com
Komentar
Posting Komentar